http://ellaheniss.blogspot.com

12.27.2011

SISTEM INFORMASI


Sistem Informasi adalah sistem yang menggunakan teknologi komputer untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi.
Menurut wikipedia ..Sistem Informasi (SI) - atau lanskap aplikasi - adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Menghadapi perubahan bisnis yang dinamis dan komplek, sistem informasi sangatlah penting dalam menata penerapan dan menyelaraskan teknologi informasi dengan seluruh fungsi organisasi, sehingga proses bisnis organisasi menjadi terintegrasi dan terpadu. Selain itu, untuk memenangkan persaingan bisnis yang super ketat seperti sekarang ini. Peran sistem informasi tidaklah hanya mejadikan teknologi informasi sebatas untuk support proses bisnis, tetapi juga harus mampu menciptakan peluang-peluang bisnis baru.

Kemampuan Sistem Informasi :

  • Proses transaksi cepat dan akurat 
  • Kapasitas penyimpanan besar dan akses cepat 
  • Komunikasi cepat, dll

 Infrastruktur informasi : 

1. Perangkat keras (hardware)
2. Perangkat lunak (software)
3. Jaringan data dan komunikasi
4. Basis data (database)
5. Information Management Personnel



 Sistem Informasi berbasis komputer 
( Computer Based Information System( CBIS) )

Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar